Pimpinan Definitif DPRD Kota Solok Dilantik - Golkar, PAN dan Demokrat Kembali Memimpin

rizki, 19 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

SOLOK KOTA - Unsur pimpinan definitif DPRD Kota Solok ditetapkan dan resmi dilantik. Penetapan dan pelantikan unsur pimpinan DPRD Kota Beras Serambi Madinah ini ditandai dengan pengambilan sumpah/janji  yang digelar di Ruang Sidang DPRD Kota Solok, Kamis, 19 September 2019.

Seperti periode sebelumnya, pimpinan lembaga legislatif Kota Solok kembali diisi oleh pargai Golongan Karya yang memperoleh 3 kursi , PAN dengan perolehan 2 kursi serta Demokrat 2 kursi.

Dalam surat keputusan Gubernur Sumatera Barat tentang peresmian pengangkatan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Solok masa jabatan tahun 2019-2024 yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan Zulfahmi, komposisi pimpinan definirif DPRD Kota Solok yang ditetapkan dan melakukan pengucapan sumpah/ janji itu adalah Yutris Can,SE dari Partai Golongan Karya sebagai Ketua, Efriyon Coneng Partai Amanat Nasional sebagai Wakil Ketua I dan Bayu Kharisma dari Partai Demokrat sebagai Wakil Ketua II.

Dengan dipandu oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Solok ketiga pimpinan DPRD Kota Solok itu mengucap sumpah/janji penuh hikmat. Sementara, sidang pengambilan sumpah dan janji ini dipimpin langsung oleh Ketua sementara DPRD kota Solok Yutris Can, SE didampingi oleh Wakil Ketua sementara Efriyon Coneng.

Turut hadir Wali Kota Solok H. Zul Elfian, SH, M. si dan Wakil Wali Kota Reinier, ST, MM, Forkompinda, Wakil Ketua Pengadilan Negeri,  Ketua Pengadilan Agama, Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota se-Sumbar,  Sekretaris Daerah,  Sekretaris Dewan,  OPD,  Ketua KPU dan Komisioner,  Ketua Bawaslu dan komisioner,  LKAAM,  Bundo Kanduang,  MUI,  PKK, GOW, Dharma Wanita, pimpinan Parpol,  Ormas,  OKP, Instansi vertikal serta seluruh stake holder di Kota Beras Serambi Madinah itu.

Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can dalam sidang itu menyatakan penetapan pimpinan definitive Ketua dan wakil ketua DPRD berdasarkan partai politik yang memiliki perolehan kursi terbanyak. Hal ini berpedoman pada undang - undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Dengan penetapan dan pengambilan sumpah/janji pimpinan definitif DPRD Kota Solok ini, Yutris Can berharap akan semakin mudah dalam perampungan tugas - tugas kedewanan dan kerjasama serta sinergitas antara DPRD dan Pemda semakin kuat dalam membangun Kota Solok demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan itu. Ketua DPRD Yutris Can mengucapkan terima kasih kepada semua unsur yang telah hadir dalam sidang terhormat itu, terutama kepada seuruh jajaran anggota DPRD Kota Solok, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Forkompinda, tokoh adat terutama LKAAM dan Bundo Kanduang, instansi vertical serta selurun unsur yang telah hadir dalam agenda paripurna itu.

“Semoga tugas yang mulia ini dapat kita jalani dengan baik dan penuh keikhlasan, dalam menegakan nilai-nilai demokrasi serta menjadi penyambung aspirasi masyarakat”, ujarnya.

Yutris Can juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan sementara DPRD Kota Solok yang tela memfasilitasi terbentuknya fraksi. Dari sebelas partai politik yang mendapat kursi di DPRD Kota Solok, telah terbentuk tiga fraksi, yaitu satu fraksi penuh dan dua fraksi gabungan, diantaranya fraksi solok bersatu dan fraksi solok adil dan makmur.

Wali Kota Solok H.Zul Elfian,SH,M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat atas penetapan dan pengambilan sumpah/janji sebagai tanda sahnya pimpinan definitif DPRD Kota Solok periode 2019-2024.

“Selamat mengemban amanah rakyat. Di pundak saudara semua tertopang harapan besr masyarakat demi terwujudkan pembangunan yang hakekatnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang saudara wakili. Semoga kemitraan Pemerintah Daerah dan DPRD ke depan semakin baik dalam membangun Kota yyang kita cintai ini”, ungkap Zul Elfian.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng bertekad akan siap bekerjasama dengan seluruh unsure pimpinan, akat kelengkapan dewan, frksi – fraksi dan seluruh anggota DPRD Kota Solok periode 2019-2024 dalam menjalin kemitraan dengan Pemerintah Daerah dan seluruh stake holder guna membangun Kota Solok ke depan yang hakekatnya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu berharap dengan telah dilantik pimpinan definitive DPRD Kota Solok serta ditetapkan AKD, maka kedepan seluruh tugas – tugas kedewanan yang sudah menanti dapat terlaksana dan diselesaikan dengan baik.

“Kita berharap dukungan semua pihak dan Do’a dari seluruh masyarakat, agar kami bisa melaksanakan tugas ini dengan sebaik – baiknya dan penuh rasa tanggungjawab”, ujarnya.

Secara terpisah, usai sidang paripurna pengucapan sumpah/janji pimpinan definitif DPRD Kota Solok itu, Wakil Wali Kota Solok Reinier turut mengucapkan dan berharap ke depan gerak laju pembangunan daerah yang memiliki dua kecamatan dengan tiga belas kelurahan itu semakin membahana dalam mewujudkan visi misi Kota Beras Serambi Madinah menuju masyarakat yang beriman bertaqwa dan sejahtera.

"Semoga kemitraan Pemko dan DPRD serta seluruh stake holder terjalin dengan harmonis dalam membangun Kota ini. Tentu dukungan seluruh lapisan masyarakat juga sangat kita butuhkan dalam mewujudkan seluruh visi misi kita. Tugas - tugas di depan sudah menant, dan dengan kerjasama serta dukungan seluruh pihak, kita optimis", ungkap Reinier. (Amel)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu